Tips Memilih Pakar Komunikasi Politik di Indonesia yang Terpercaya

pakar-komunikasi-politik-di-indonesia

Menjelang pemilihan umum yang sebentar lagi dimulai di Indonesia, pakar komunikasi politik di Indonesia mulai bermunculan. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pakar politik ini memadukan antara ilmu komunikasi dan ilmu politik. Untuk komunikasi ini melibatkan pesan dan tokoh politik, jadi cakupan pembahasannya tidak jauh dari politik dan komunikasi.

Apa itu Pakar Komunikasi Politik?

Pakar komunikasi politik merupakan orang yang mempunyai pengetahuan dan keahlian khusus untuk memahami, menganalisis, dan mengelola komunikasi dalam politik. Bidang ini memiliki cakupan bagaimana pesan politik disampaikan, diterima, dan dipahami oleh masyarakat.

Tentunya pakar komunikasi politik di Indonesia juga harus bisa memahami dinamika komunikasi yang terjadi dalam dunia politik. Baik dalam konteks kampanye pemilihan, pemerintahan, atau konteks kebijakan publik.

Untuk pekerjaan pakar komunikasi politik ini ada beberapa aspek. Berikut beberapa tugas yang biasanya diemban oleh pakar komunikasi politik. Dengan mengetahuinya maka bisa membuat pertimbangan lebih matang untuk melakukan kerja sama.

  • Strategi komunikasi politik. Nantinya pakar politik akan melakukan analisa dan merancang strategi komunikasi efektif agar bisa mencapai tujuannya. Contohnya menenangkan pemilihan atau memengaruhi opini publik terkait kebijakan tertentu.
  • Media politik. Kemudian juga memahami peran media massa dalam membentuk opini publik dan merancang peswan yang sesuai dengan platform media tertentu.
  • Kampanye pemilihan. Membuat rancangan dan melakukan evaluasi strategi komunikasi untuk kampanye politik. Termasuk pengelolaan citra kandidat dan pesan kampanye.
  • Opini publik. Melakukan analisis pandangan dan sikap publik pada isu-isu politik, serta membuat rancangan pesan untuk memengaruh atau merespon opini publik.
  • Krisis komunikasi politik. Pihak pakar komunikasi politik di Indonesia juga akan membantu menangani situasi krisis dan mengelola komunikasi dalam situasi-situasi yang bisa jadi merugikan politik.
  • Pemahaman budaya dan sosial. Memahami kerangka budaya dan sosial yang memengaruhi cara pesan politik diterima dan diinterpretasikan oleh masyarakat.
  • Selain itu pakar politik juga dapat bekerja di banyak bidang. Termasuk konsultan politik, penasihat komunikasi, analisis politik, atau akademis yang mengajar dan melakukan penelitian di bidang komunikasi politik.

Tips Memilih Pakar Komunikasi Politik Berpengalaman

Meskipun sudah ada banyak pakar komunikasi politik yang bisa diajak kerja sama. Namun bukan berarti bisa memilih begitu saja tanpa membuat pertimbangan. Bagi yang merasa kesulitan untuk menemukan pakar komunikasi politik terbaik, maka bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.

1. Membuat daftar pakar lebih dulu

Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memilih pakar komunikasi politik di Indonesia adalah membuat daftarnya lebih dahulu. Diketahui ada banyak pakar komunikasi politik yang bisa membantu. Namun akan lebih baik jika bisa membuat daftarnya, setidaknya ada dua atau tiga.

Mendapatkan daftar pakar komunikasi politik ini bisa dari sosial media atau search engine seperti Google. Saat ini banyak pakar komunikasi politik yang melakukan branding lewat website profesional dan sosial media agar dikenal oleh orang banyak. Atau juga bisa meminta rekomendasi kepada ahlinya.

2. Melakukan survey

Sangat penting bagi klien yang akan melakukan kerja sama untuk melakukan survey terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar klien tidak merasa dibohongi dengan apa yang dibicarakan oleh customer service dari pakar komunikasi politik tersebut. Dalam hal ini klien bisa melakukan survey lewat online untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan.

Lalu juga mencari tahu latar belakang pendidikan dari pakar komunikasi politik tersebut. Sangat penting untuk tahu pendidikan seperti apa yang sudah ditempuh. Dengan melakukan ini maka bisa membuat pertimbangan lebih matang, apakah ingin melakukan kerja sama atau tidak.

3. Melihat portofolio kerja

Langkah selanjutnya yang bisa dipakai untuk menemukan pakar komunikasi politik di Indonesia adalah melihat portofolio kerja. Pakar komunikasi politik yang berpengalaman dan sudah memiliki jam terbang tinggi pastinya memiliki portofolio dalam jumlah banyak. Dimana menunjukkan bahwa sudah dipercaya oleh banyak klien.

Dengan melihat proyek-proyek sebelumnya yang sudah dijalankan atau pencapaian hasil kerja memberikan gambaran mengenai kemampuan jasa tersebut. Dampaknya adalah nantinya klien bisa membuat pertimbangan secara lebih matang lagi dan tidak akan ragu memilih pastinya.

4. Memahami kemampuan kerja

Semua pakar komunikasi politik tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam kinerjanya. Klien harus bisa tahu seberapa besar kemampuan yang dimiliki oleh pakar tersebut agar nantinya ketika bekerja sama bisa lebih maksimal. Ketahui kemampuan analisanya seperti apa dan bagaimana cara pengumpulan datanya.

Juga harus bisa memhami konteks politik, budaya, sosial di tingkat lokal dan global. Hal ini penting diketahui agar strategi komunikasi nantinya bisa disesuaikan dengan kondisi yang berlaku. Semakin baik kemampuan yang dimiliki maka hasilnya juga lebih dari maksimal dan memuaskan.

5. Memastikan bisa berkomunikasi baik

Selanjutnya adalah memastikan bahwa pakar komunikasi politik di Indonesia mampu berkomunikasi dengan baik. Dengan komunikasi yang baik maka melakukan konsultasi akan berakhir dengan hasil efektif. Selain itu juga harus mampu menjelaskan dengan mudah, detail dan rinci.

Bayangkan jika pakar komunikasi politik tidak mampu berbicara dengan baik. Hal ini justru merusak reputasi dan membuat runyam jika diteruskan untuk melakukan kerja sama. Sebab pastinya akan ada banyak kendala, mulai dari penyampaian yang tidak tepat dan masih banyak lainnya.

6. Memahami etika profesional kerja

Jangan lupa untuk memasitkan dengan baik apakah pakar komunikasi politik dan tim memiliki etika dalam bekerja yang baik atau tidak. Perlu dipahami dengan baik bahwa pakar komunikasi politik ini harus tahu batasan mengenai apa yang harus dikerjakan dan tidak. Ini dimaksudkan agar tidak mengganggu klien ketika ingin mengerjakan yang lainnya.

Ketika pakar komunikasi politik tahu batasan dan etika dalam bekerja. Tentunya hal ini akan membuat kerja sama jadi semakin lebih maksimal terjalin. Juga membuat hasil yang didapatkan nantinya sesuai dengan keinginan klien.

7. Memastikan biaya jasa yang ditawarkan

Mengenai biaya jasa juga harus dipastikan dengan baik terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar nantinya tidak ada biaya-biaya tersembunyi atau tambahan ketika masa kerja sama sudah berakhir. Juga harus dipastikan dengan baik bahwa biaya jasa yang ditawarkan ini terjangkau dan kompetitif.

8. Mengetahui adanya garansi

Lalu yang terakhir adalah memastikan bahwa pakar komunikasi politik mampu memberikan garansi kepada setiap klien. Adanya klien ini akan membuat klien jadi lebih aman dan nyaman selama melakukan kerja sama. Untuk garansi sendiri bisa diatur antara klien dan pihak jasa sesuai dengan kesepakatan.

Pakar komunikasi politik yang memiliki garansi menandakan bahwa jasa tersebut mampu bertanggung jawab jika ada kesalahan. Selain itu juga bisa memberikan nilai plus di mata klien  yang akan melakukan kerja sama. Oleh sebab itulah sangat penting bagi klien untuk mempertimbangkan satu hal ini.

Demikianlah pembahasan mengenai pakar komunikasi politik di Indonesia dan cara untuk memilihnya. Pastikan untuk memilih jasa yang sudah berpengalaman dan terpercaya agar bisa mendapatkan hasil analisa yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *